Pengertian Energi Dalam Fisika Dan Contoh Serta Jenisnya 5/5 (1)

Diposting pada

Pengertian Energi Dalam Fisika

Dalam fisika, energi adalah properti fisika dari suatu objek, dapat berpindah melalui interaksi fundamental, yang dapat diubah bentuknya namun tak dapat diciptakan maupun dimusnahkan. Joule adalah satuan SI untuk energi, diambil dari jumlah yang diberikan pada suatu objek (melalui kerja mekanik) dengan memindahkannya sejauh 1 meter dengan gaya 1 newton.


Kerja dan panas adalah 2 contoh proses atau mekanisme yang dapat memindahkan sejumlah energi. Hukum kedua termodinamika membatasi jumlah kerja yang didapat melalui proses pemanasan-beberapa diantaranya akan hilang sebagai panas terbuang.


Jumlah maksimum yang dapat digunakan untuk kerja disebut energi tersedia. Sistem seperti mesin dan benda hidup membutuhkan energi tersedia, tidak hanya sembarang energi. Energi mekanik dan bentuk-bentuk energi lainnya dapat berpindah langsung ke bentuk energi panas tanpa batasan tertentu.


Pengertian Energi Dalam Fisika Dan Contoh



Jenis-Jenis Energi

  • Energi Kinetik

Energi kinetik adalah bagian energi yang berhubungan dengan gerakan suatu benda.

  • Energi Potensial

Berlawanan dengan energi kinetik, yang adalah energi dari sebuah sistem dikarenakan gerakannya, atau gerakan internal dari partikelnya, energi potensial dari sebuah sistem adalah energi yang dihubungkan dengan konfigurasi ruang dari komponen-komponennya dan interaksi mereka satu sama lain.


Jumlah partikel yang mengeluarkan gaya satu sama lain secara otomatis membentuk sebuah sistem dengan energi potensial. Gaya-gaya tersebut, contohnya, dapat timbul dari interaksi elektrostatik (lihat hukum Coulomb), atau gravitasi.


  • Energi Dalam

Energi internal adalah energi kinetik dihubungkan dengan gerakan molekul-molekul, dan energi potensial yang dihubungkan dengan getaran rotasi dan energi listrik dari atom-atom di dalam molekul. Energi internal seperti energi adalah sebuah fungsi keadaan yang dapat dihitung dalam sebuah sistem.


Contoh Energi

Menambahkan 25 kilowatt-jam (90 megajoule) energi pada objek akan meningkatkan massanya sebanyak 1 mikrogram; jika ada timbangan yang sebegitu sensitif maka penambahan massa ini bisa terlihat. Matahari mengubah energi potensial nuklir menjadi bentuk energi lainnya; total massanya akan berubah ketika energi terlepas ke sekelilingnya terutama dalam bentuk energi radiasi.


Contoh Energi Dalam Ilmu Alam

  1. Konversi energi
  2. enthalpy
  3. exergy
  4. daya (fisika)
  5. Energi orbital spesifik
  6. termodinamika
  7. entropi termodinamika

Baca Juga:

Baca Juga :  Pengertian Energi Nuklir Beserta Pemanfaatan Dan Contohnya

Demikian Penjelasan TentangĀ Pengertian Energi Dalam Fisika Dan Contoh Serta Jenisnya Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca Pensil.Co.Id

Please rate this