Pengertian Emisi Gas Buang Serta Definisi, Proses Dan Jenisnya

Diposting pada

Emisi Gas Buang


Definisi Tentang Emisi Gas Buang

Pemasyarakatan akan kepedulian terhadap lingkungan khususnya pencemaran udara sudah menjadi keharusan bagi kita semua lapisan masyarakat, untuk itu kita tidak harus menunggu hingga kodisi udara yang kita hirup setap hari mmenjadi lebih buruk lagi,khususnya kota-kota besar di indonesia yang kita cintai ini, tentunya kita sudah mengetahui bahwa jakarta menjadi kota tercemar nomer tiga setelah meksiko dan bangkok, tidak mustahil akan naik peringkat menjadi nomer satu bila kita tidak peduli dan tidak melakukan aksi dari peran kita masing-masin.

Bengkel adalah temapat yang memungkinkan pencemaran akibat gas buang dari kendaraan lebih tinggi dari area lain seperti jalanan, hal ini dikarenakan sumber pencemaran yang bergerak terkondisi menjadi sumber pencemaran, sementara banyak sekali bengkel tidak melengkapi sistem yang memadai menatasi hal tersebut.

Konsentrasi emisi akan cepat bergerak naik bila terakumulasi pada tempat yangbaik dan tidak memiliki sistem ventilasi atau sistem pembuangan yang memungkinkan pertukaran udara di dalam ruang dengan bergantian dengan di luar ruangan. hal ini sangat berbahaya terahadap pekerja di dalam ruangan tersebut khususnya bengkel kendaraan bermotor,pool,terminal,garasi dan sejenisnya.

Proses Terjadinya Emisi Gas Buang

Alat transportasi kendaraan bermotor yang digunakan sehari-hari guna mendukung mobilitas masyarakat dalam segala bentuk aktivitas ternyata tidak sepenuhnya menjanjikan harapan yang positif.

Dibalik pengguna alat transportasi tersebut tersimpan berbagai masalah atau kalau boleh dikatakan sebagai amcaman bagi pengguna dan lebih konyol lagi terhadap masyarakat lingkungannya. Ancaman yang ditimbulkan alat transportasi tersebut cukup beragam dan yang paling menakutkan dan berkepanjangan dalah emisi gas buang dari kenalpot setiap kendaraan . Hal yang sama juga terjadi di bengkel-bengkel mobil,terminal,pool bus/truk dan pada kondisi macet total, kendaraan menjadi sumber pencemar tidak bergerak layaknya pabrik.

Tentunya kita sudah mendengar dan membaca artikel-artikel tentang kondisi kota-kota besar di indonesia yang sudah tercemar dan akan terus semakin parah bila kita tidak mau peduli dari ancaman tersebut. Mungkin banyak orang berfikir hal tersubut tidak seburuk yang di fikirkan , bahkan ancaman gas beracun tersebut telah menelan banyak korban meninggal dunia dan beberapa diantaranya dimuat dimedia cetak, hal tersebut belum cukup menyadarkan manusia bahwa lingkunganya tidak seramah dulu lagi dan jakarta adalah urutan ketiga  kota tercemar di dunia, bisa saja menyusul menjadi peringkat kedua. penyuplai pencemaran tersebut terbesar(70-80%)adalah gas buang dari segala jenis dan model yang digunakan masyarakat.

Sudah saatnnya kita sama-sama peduli kondisi ini dan hal tersebut bisa diatasi bila kitamau peduli kondisi tersebut dan saya percaya di tengah kondisi ekonomi yang di awali krisis moneter tahun lalu hingga krisis di berbagai bidang saat ini yang melanda bangsa indonesia.

Emisi gas buang kendaraan bermotor dari segala model mesin kendaraan di dalam (Internal combustion engine). dengan menyempurnakan konstruksi dan teknologi yang di terapkan, tetap meghasilkan emisi gas buang,hal ini terjadi karna perubahan wujud bahan bakar dan udara saat terjadi proses pembakaran.

Jenis Bahan Bakar

  • Bensin
  • Solar
  • Gas

Bensin premium

Bahan bakar ini yang banyak  di konsumsi kendaraan yang menggunakan mesin/motor bensin 4 langkah  2 langkah dan rotari dengan nilai oktan….. Bahan bakar ini bisa di jumpai di semua pom bensin (SPBU) di seluruh indonesia.

  • Bensin premix
Bahan bakar ini di konsumsi kendaraan dengan mesin/motor 4 langkah dan rotari yang mempersyaratkan
pengguna bahan bakar dengan nilai oktan….

hal ini disebabkan tuntutan teknologi mekanisme engine dan sistem pendukung lainnya, sehingga engine  dapat beroprasi dengan baik menghasilkan tenaga sesuai spesifikasi engine tersebut.

  • Bensin Super TT
Bensin ini tanpa timbal(TT) mempunyai nilai oktan…..bahan bakar ini di konsumsi kendaraan dengan menggunakan mesin/motor bensin yang mengunakan sistem engine manajement yang mengitegrasiakn kerja sistem pendukung.

Gas

Bahan bakar gas yang tersedia di beberapa pom bensin di beberapa kota-kota besar yang dapat di komsumsi motor bensin dan diesel (masih uji coba) terdiri dari :
  • CNG
  • LPG

Baca Juga :

Baca Juga :  Pengertian Energi Nuklir Beserta Pemanfaatan Dan Contohnya
Baca Juga :  Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Contohnya Lengkap

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Emisi Gas Buang Serta Definisi, Proses Dan Jenisnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Pensil.Co.Id
Pengertian Emisi Gas Buang Serta Definisi, Proses Dan Jenisnya
5 (100%) 1 vote[s]