Dampak Globalisasi Di Bidang Sosial Budaya Serta Musik Dan Politik No ratings yet.

Diposting pada

Dampak Globalisasi Sosial Budaya

Telah meningkatkan kontak lintas budaya, tetapi disertai dengan penurunan keunikan masyarakat yang dulunya terisolasi. Misalnya, sushi dapat ditemukan di Jerman dan Jepang, tapi di sisi lain popularitas Euro-Disney melampaui popularitas Paris sehingga hanya dapat mengurangi permintaan untuk otentik roti Prancis.

Dampak Globalisasi Sosial Budaya


Globalisasi Sosial Budaya

Kontribusi globalisasi di pengasingan seseorang dari tradisi masih relatif rendah dibandingkan dengan dampak modernitas itu sendiri seperti dikatakan eksistensialis Jean-Paul Sartre dan Albert Camus. Globalisasi telah memperluas kesempatan rekreasi diperoleh melalui penyebaran budaya pop melalui televisi internet dan satelit.

Conversi mengakui pada tahun 2010 bahwa globalisasi didorong oleh aktivitas budaya dan ekonomi dari Amerika Serikat, yang lebih dikenal sebagai Amerikanisasi atau westernisasi. Sebagai contoh, dua gerai makanan dan minuman di perusahaan global yang paling sukses di dunia dari Amerika Serikat, McDonald dan Starbucks. Keduanya sering digunakan sebagai contoh globalisasi karena masing-masing memiliki lebih dari 32.000 dan 18.000 outlet di seluruh dunia pada tahun 2008.

Istilah globalisasi adalah transformasi yang signifikan. Tradisi budaya seperti musik tradisional mungkin hilang atau berubah menjadi tradisi gabungan. Globalisasi mampu menciptakan keadaan darurat dalam rangka melestarikan musik.

Arsip berusaha untuk mengumpulkan, merekam, atau menulis lagu melodi sebelum asimilasi berpengalaman atau penyesuaian. Musisi lokal berjuang untuk keaslian dan melestarikan tradisi musik rakyat. Globalisasi dapat membuat pemain atau artis mengabaikan alat musik tradisional. Gabungan genre baru dapat bahan penelitian yang menarik.

Globalisasi mendorong fenomena World Music dengan izin rekaman musik di suatu tempat untuk mencapai pendengar di dunia Barat yang ingin mencari ide-ide baru dan suara. Sebagai contoh, banyak musisi Barat yang telah mengadopsi inovasi yang berasal dari budaya lain.

Baca Juga :  25 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Dan Bentuk, Jenis Serta Prinsipnya

Dampak Globalisasi Di Bidang Musik

Istilah “Dunia Musik” pada awalnya ditujukan untuk musik etnis. Sekarang, globalisasi adalah memperluas ruang lingkup istilah ini untuk hybrid sub-genre seperti fusi Dunia, fusion Global, fusi dan Worldbeat Etnis.

Musik juga menyebar dari dunia barat. Anglo-Amerika musik pop menyebar ke seluruh dunia melalui MTV. Teori ketergantungan menjelaskan bawha dunia adalah sistem internasional terpadu. Dari sudut pandang musik, ini berarti hilangnya identitas musik rakyat.

Bourdieu mengatakan bahwa persepsi konsumen bisa dilihat sebagai identifikasi diri dan pembentukan identitas. Dalam hal musik, ini berarti bahwa setiap manusia memiliki identitas musik sendiri berdasarkan preferensi dan selera. Preferensi dan selera sangat dipengaruhi oleh budaya karena budaya adalah bentuk paling keinginan mendasar dan perilaku. Konsep budaya lokal sekarang berubah karena globalisasi. Selain itu, globalisasi juga meningkatkan saling ketergantungan faktor personal, politik, budaya, dan ekonomi.

Negara Barat masih eksportir budaya terbesar. Pada tahun 2002, Cina adalah eksportir budaya terbesar di dunia setelah Inggris dan Amerika Serikat.

Antara tahun 1994 dan 2002, pangsa ekspor ke Amerika Utara budaya dan Uni Eropa menurun, sementara ekspor melebihi kebangkitan budaya Asia di Amerika Utara. Fakta lain yang relevan adalah penduduk Asia yang luas dan banyak kali lebih besar dari Amerika Utara. Amerikanisasi terkait dengan masa pengaruh politik yang tinggi dari Amerika Serikat dan tumbuh toko tinggi, pasar, dan barang-barang AS diekspor ke negara-negara lain.


Dampak Globalisasi Di Bidang Politik

Globalisasi, fenomena yang paling beragam, berkaitan dengan dunia politik multilateral serta pengembangan pasar dan benda-benda budaya antar negara. Pengalaman India mengungkapkan pengaruh globalisasi budaya plural.


Baca Juga :

Baca Juga :  Cara Membuat Catatan Yang Kreatif Beserta Rangkumannya

Demikian Penjelasan TentangĀ Dampak Globalisasi Di Bidang Sosial Budaya Serta Musik Dan Politik Semoga Bermanfaat Untuk Pembaca Pensil.Co.Id

Please rate this