Proses Berkarya Seni Rupa 2 Dimensi Dan Berlatih Karya Seninya

Diposting pada

Karya Seni Rupa

 

Karya seni rupa dua dimensi tidak tercipta dengan sendirinya. Pembuatan karya seni rupa dua dimensi dilakukan melalui sebuah proses secara bertahap. Tahanpan dalam berkarya ini berbeda antara satu jenis karya dengan jenis karya lainnya mengukuti karakteristik bahan, teknik, alat dan medium yang digunakan untuk menwujudkan karya seni rupa tersebut.

 

Proses Berkarya Seni Rupa 2 Dimensi


Proses Berkarya Seni Rupa 2 Dimensi

 

Tahapan dalam berkarya seni rupa dua dimensi ini dimulai dari adanya motivasi untuk berkarya. Motivasi ini dapat berasal dari dalam diri maupun dari luar diri perupanya. Benda-benda kecil atau hal-hal sederhana dalam kehidupan kita sehari-hari dapat menjadi ide untuk berkarya seni rupa dua dimensi. Cobalah perhatipakn benda-benda dan peristiwa sehari-hari disekiktar anda kemudian kembangkan hasil pengamatan anda menjadi gagasan berkarya seni rupa. Pilihlah bahan, media , alat dan teknik yanga kalian kuasai dan ingin anda coba dan mlailah berkreasi menciptakan karya seni rupa.

Perharikan karya seni rupa dua dimensi gambar karikatur berikut ini ceritakan kembali langkah-langkah dalam proses berkarya seni rupa dua dimensi yang ditunjukan oleh gambar karikatur tersebut.


Seni Rupa 2 Dimensi

 

Berlatih Berkarya Seni Rupa 2 Dimensi

 

Kalian tentu dapat membedakan mana obyek mahluk hidup dan mana obyek benda mati. Kalian juga dapat mencoba mengidentifikasi bahan dan teknik yang dipakai untuk membuat karya tersebut. Sekarang cobalah berlatih untuk membuat karya seni rupa dengan melihat model benda mati dan mahluk hidup yang ada disekitar kalian.

Mulailah dengan model yang bentuknya sederhana terlebih dahulu. Coba cermati kembali bagaimana unsur-unsur rupa dan perinsip-perinsip penataannya membentuk sebuah obyek dalam karya seni rupa. Jangan takut salah atau malu jika karya kalian tidak mirip dengan model yang kalian jadikan contoh.

Keindahan sebuah karya tidak hanya kemiripan bentuknya saja, tetapi kesungguhan dalam membaut karya tersebut akan menjadikan karya kalian unik dan menarik. Setiap manusia mempunyai karakter dan keunikan yang berbeda-beda, demikian juga dengan karya yang kalian buat. Cobalah berkali-kali menggunakan berbagai model, bahan, teknik dan medium yang berbeda-beda. Rasakan oleh kalian dan kemukakan obyek mana yang menurut kalian paling menarik, bahan, media, dan teknik apa yang kalian sukai. Jelaskan mengapa obyek tersebut menarik dan bahan, media serta teknik tersebut kalian sukai.

Sajikan karya kalian bersama-sama kemudian diskusikan bersama-sama berilah tanggapan tidak hanya pada karya yang kalian buat tetapi karya yang dibuat teman-teman yang lain.


Baca Juga:

Baca Juga :  Seni Rupa 2 Dimensi - Pengertian, Fungsi, Teknik, Unsur Dan Karakteristiknya
Baca Juga :  Karya Seni Rupa 2 Dimensi Dan Contohnya (Bab 1) Lengkap

 

Demikian Penjelasan Tentang Proses Berkarya Seni Rupa 2 Dimensi Dan Berlatih Karya Seninya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Pensil.Co.Id