Bentuk Pemerintahan Negara Indonesia Periode 1945-1949

Diposting pada

Bentuk Pemerintahan Negara Indonesia Periode 1945-1949

 

Pada periode (1945-1949) negara Indonesia berada pada masa revolusj fisik, yaitu perjuangan seluruh rakyat Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan terhadap usaha penjajah yang ingin menjajah Indonesia kembali. Dalam kurun waktu ini pun telah terjadi herbagai pergolakan politiksebagai akibat timbulnya perubahan dan sistem pemerintahan Kahinet Presidensial yang dianut UUD 1945 menjadi Kabinet Parlementer.

 

Bentuk Pemerintahan Negara Indonesia

 

Hal ini tidak lepas dan euforia politik dalam sistem banyak partai dan berpuncak pada pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tahun 1948.


Bentuk Pemerintahan Negara Indonesia

Walaupun dalam kondisi pemerintahan yang kurang stabil, pada akhir tahun 1949 bangsa Indonesia berhasil memenangkan perang mempertahankan kemerdekaan melawan Belanda. Belanda mau mengakui kedaulatan Republik Indonesia, tetapi kenyataan menerima perubahan bentuk negara menjadi Republik Indonesia Serikat (RIS) tidak bisa kita elakkan. Penerimaan Indonesia atas berdirinya RIS dilakukan dengan beberapa pertimbangan antara lain.

  1. Sebagai upaya diplomasi Indonesia untuk menghindari perlawanan fisik, dan
  2. Pengaruh politik Belanda yang berusaha untuk menguasai kembali Indonesia sangat besar, baik melalui agresi Militer maupun pembentukan negara-negara boneka untuk memecah belah bangsa Indonesia.

Kelicikan Belanda yang ingin memecah belah bangsa Indonesia melalui berdirinya negara-negara boneka temyata hanya berjalan Ā± 8 bulan. ini menunjukkan bahwa berdirinya RIS ternyata sangat tidak sesuai dengan hati nurani dan kepribadian bangsa Indonesia.

 

Baca Juga:

Baca Juga :  Pengertian Moral Menurut Para Ahli Dan Contoh Serta Nilainya
Baca Juga :  Pengertian Bangsa, Negara, Warga Negara Dan Penduduk Lengkap

 

Demikian Penjelasan TentangĀ Bentuk Pemerintahan Negara Indonesia Periode 1945-1949 Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca Pensil.Co.Id

Bentuk Pemerintahan Negara Indonesia Periode 1945-1949
5 (100%) 5 vote[s]